"Berbagi Kata, Berbagi Berita"

Menulis Hanyalah Butuh Action

Oleh: Muhammad Dzunnurain

Judul Buku: CREATIVE WRITING

Penulis: A.S Laksana

Penerbit: baNANA Publisher

Cetakan: Cetakan keenam, Maret 2023

Tebal: 198 hlm, 12×18 cm

ISBN: 978-623-96372-4-8

Anda mungkin kenal A.S Laksana, pernah mendengar namanya atau salah satu bukunya? Salah satu bukunya yaitu Creative Writing. Sebuah buku setebal 198 halaman mengajak para penulis pemula agar tidak pernah putus asa sebab tulisannya buruk. Memang A.S laksana tersendiri menyarankan menulislah dengan buruk. Beliau selalu menulis pada draf pertama dengan hasil tulisan yang buruk (hal 16).

Sekarang kita kembali ke topik pembicaran mengapa tulisan harus berawal buruk, karena tentu saja mereka akan melihat karyanya menghasilkan karya terbaik. Menulis buruk sejatinya menjadi langkah awal yang penting dalam proses belajar. Karena menulis buruk akan membuat anda terhindar dari ketegangan yang tidak perlu membuat anda terbebas dari beban-beban yang menyumpal di benak anda (hal 18). Selain itu mengatasi ketakutan membuat kesalahan dapat membuka pintu untuk keatifitas yang lebih besar dan lebih otentik dalam ungkapan pikiran.

Selain itu, penulis pemula yang sering terjadi dalam memulai menulis karena kekosongan topik yang akan mau dibahas. Mereka berhenti menulis karena tidak punya ide. Padahal yang diperlukan itu hanyalah Action. “Jangan biarkan pena anda menganggur, mesin ketik anda karatan, layar komputer anda kosong lompong, kertas anda mengunging tanpa isi (hal 14)”.

Menulis memang membutuhkan tindakan nyata. Terkadang, kita terjebak dalam perencanaan tanpa eksekusi. Menulislah dengan ide-ide dan pengalaman dapat membuka pintu kekreativitas dan berkontribusi pada pertumbuhan pribadi. Jangan hanya merencanakan, tetapi juga melakukan tindakan dengan menulis gagasan-gagasan yang ada dalam pikirannya. Menulislah apa saja ketika sedang tidak punya ide sebenarnya adalah salah satu cara untuk memancing datangnya ide (hal 14).

Buku ini sangat cocok untuk penulis pemula yang dikemas dengan bahasa sederhana dan rapi. Kehadiran buku ini A.S laksana telah menyadarkan begitu petingnya creative dalam menulis yang kadang seseorang bilang gak mood, tidak ada ide dan bingun mau memulai tulisannya. Nah, dengan buku ini penulis pemula dapat membangkitkan semangat sekaligus menerapkan tips memulai tulisan. Belajar menulis dengan membaca buku Creative Writing sangat efektif. Disitu kita disuguhkan trik-trik menulis secara detail dan mudah dicerna.

Tulisan Lain di &

Cahaya Padam di Ujung Kemenangan

PUTIBAR: Jejak Sejarah dan puisi lainnya…

Menguak Benang Misteri: 5 Miliar Won Dalam Film Connection

Peringatan Darurat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru

Refleksi Sejarah Resolusi Jihad, Unisma laksanakan Apel Peringatan Hari Santri Nasional 2024

Libatkan Volunteer dari Jurusan Lain, ESA UNISMA Sukses Gelar NEF 2024

Cahaya Padam di Ujung Kemenangan

Dulu Bisa Hampir Setiap Hari Main Judol, Sekarang Tobat

Populer

Refleksi Sejarah Resolusi Jihad, Unisma laksanakan Apel Peringatan Hari Santri Nasional 2024

Libatkan Volunteer dari Jurusan Lain, ESA UNISMA Sukses Gelar NEF 2024

Cahaya Padam di Ujung Kemenangan

Dulu Bisa Hampir Setiap Hari Main Judol, Sekarang Tobat